Gurindam 12 Raja Ali Haji

  • Pasal Kedua

    barang siapa mengenal yang tersebut,
    tahulah ia makna takut.

    barang siapa meninggalkan sembahyang,
    seperti rumah tiada bertiang.

    barang siapa meninggalkan puasa,
    tidaklah mendapat dua temasya.

    barang siapa meninggalkan zakat,
    tiadalah hartanya beroleh berkat.

    barang siapa meninggalkan haji,
    tiadalah ia menyempurnakan janji.




Error
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
DPD RI Pesimis Pemulihan Tanah Terkontaminasi Minyak Chevron Tuntas 2021 PDF Cetak Email
Senin, 04 Desember 2017 19:40

PEKANBARU,RIAUPLUS.COM- Komite II DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau dalam rangka advokasi tanah terkontaminasi minyak (TTM) PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), Senin (4/12/17).

 

Rombongan dipimpin oleh Ikadek Arimbawa‎ dan disambut Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi. Kehadiran para senator tersebut menindaklanjuti pengaduan masyarakat tentang program pemulihan tanah terkontaminasi minyak Chevron. Termasuk soal ganti rugi lahan masyarakat yang terkontaminasi minyak.

 

Pertemuan tersebut berjalan alot. Pertanyaan demi pertanyaan terus dilontarkan para senator kepada pihak Chevron, yang saat itu dihadiri oleh Vice President ‎Pemulihan CPI, Budianto Renyut.

 

Salah satu fokus pertanyaan anggota DPD adalah mengenai proses pemulihan Tanah Terkontaminasi Minyak (TTM). ‎Seperti yang disampaikan anggota Komite II Ibrahim, dia mempertanyakan secara detail soal pemulihan TTM, berapa lokasi atau lahan terkontaminasi minyak.

 

Pertanyaannya pun langsung ditanggapi Vice President Pemulihan CPI, Budianto. Dia menjelaskan, untuk proses pemulihan pihaknya harus mendapat izin dan persetujuan dari SKK Migas dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

 

Dia menyampaikan, sejak tahun 2015-2017 pihaknya sudah mengajukan proposal program pemulihan ke pemerintah pusat yakni KLHK dan SSK Migas. Dia mengklaim hingga saat ini Chevron sudah menuntaskan pemulihan sebanyak 125 lokasi dari 800 lokasi yang harus dipulihkan.

 

"Setidaknya ada 800 lokasi yang terkontaminasi. Dimana 400 lokasi berada di wilayah operasi Chevron, namun ini tidak ada persoalan yang signifikan karena berada di dalam operasi. Sedangkan 400 lokasi lahan masyarakat, dan 125 lokasi sudah diselesaikan," bebernya.

 

‎Karena itu pihaknya berupaya mempercepat pemulihan sebelum kontrak Chevron pada tahun 2021, serta berupaya mengurangi dampak limbah minyak kepada masyarakat.‎ck/nor

 

Galeri Foto

MUNAS APPSI V 2015 di Makassar, Plt Gubri Dukung Tunas Integritas

article thumbnail
Galeri Kunjungan Presiden Ke Riau

article thumbnail

Tunjuk Ajar Melayu Tenas Effendy

Wahai ananda dengarlah amanat
Pantun memantun sudah teradat
Di dalamnya banyak berisi nasehat
Bila dipakai hidup selamat