Gurindam 12 Raja Ali Haji

  • Pasal Keempat

    hati kerajaan di dalam tubuh,
    jikalau zalim segala anggota pun roboh.

    apabila dengki sudah bertanah,
    datanglah daripadanya beberapa anak panah.

    mengumpat dan memuji hendaklah pikir,
    di situlah banyak orang yang tergelincir.

    pekerjaan marah jangan dibela,
    nanti hilang akal di kepala.

    jika sedikitpun berbuat bohong,
    boleh diumpamakan mulutnya itu pekong.

    tanda orang yang amat celaka,
    aib dirinya tiada ia sangka.

    bakhil jangan diberi singgah,
    itupun perampok yang amat gagah.

    barang siapa yang sudah besar,
    janganlah kelakuannya membuat kasar.

    barang siapa perkataan kotor,
    mulutnya itu umpama ketur.

    di mana tahu salah diri,
    jika tidak orang lain yang berperi.



Error
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
Lusa, Penyair Se-ASEAN Kumpul di Riau PDF Cetak Email
Selasa, 01 Agustus 2017 19:31

PEKANBARU,RIAUPLUS.COM- Selama tiga hari, puluhan penyair se-Indonesia akan berkumpul di Riau mulai Kamis (3/8/17) lusa. Mereka akan mengisi Hari Puisi Indonesia (HPI) Provinsi Riau yang akan dilaksanakan di Pekanbaru, Kampar dan Siak.

 

Seperti yang dikatakan Kunni Masrohanti, Pimpinan Komunitas Seni Rumah Sunting (KSRS), sebagai pihak panitia, bahkan akan datang pula para penyair dari beberapa negara tetangga ASEAN.

‘’Selain semua penyair Riau dan dari berbagai provinsi di Indonesia, HPI tahun ini bahkan mancanegara juga kita undang untuk hadir bersama. Alhamdulillah sudah banyak yang bersedia hadir. Dari provinsi lain ada dari Jakarta, NTT, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, Aceh hingga Lampung. Untuk negara tetangga ada Malaysia, Singapura, Vietnam dan Thailand," ungkap Kunni, Selasa (1/8/17).

Pemilihan tiga kabupaten/kota untuk penyelenggaraan HPI 2017 ini, sebut wanita yang juga merupakan salah satu penyair kebanggaan Riau ini, melihat jarak antar 3 tempat tersebut yang berdekatan sehingga memungkinkan untuk menyiasati pelaksanaan program acara yang sudah direncanakan.

"Sebenarnya kawan-kawan dari Pelalawan juga meminta agar pelaksanaan HPI 2017 ini dapat pula dilaksanakan disana. Tapi karena waktu yang tidak mencukupi, kami mohon maaf belum bisa dilaksanakan disana," ujar Kunni.

Kedatangan para penyair dari berbagai belahan provinsi hingga negara tetangga ini sendiri, ungkap Kunni pula, semua memakai dana sendiri. Untuk itu dia sendiri mewakili panitia  HPI Riau 2017 berterimakasih atas sumbangsih sesama rekan penyair tersebut.

"Saya mewakili panitia mengucapkan terimakasih banyak atas kesediaan seluruh rekan-rekan sejawat yang telah mau mengorbankan waktu hingga materi, untuk terlaksananya HPI Riau 2017 ini," ungkapnya.

Pada kegiatan HPI Riau 2017 ini, papar Kunni pula, akan diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari puisi masuk sekolah, diskusi puisi, pembacaan puisi di berbagai lokasi, wisata puisi Aksi Panggung Penyair Asean (APPA) serta peluncuran buku puisi.snj/nor

 

Galeri Foto

MUNAS APPSI V 2015 di Makassar, Plt Gubri Dukung Tunas Integritas

article thumbnail

Tunjuk Ajar Melayu Tenas Effendy