Gurindam 12 Raja Ali Haji

  • Pasal Keempat

    hati kerajaan di dalam tubuh,
    jikalau zalim segala anggota pun roboh.

    apabila dengki sudah bertanah,
    datanglah daripadanya beberapa anak panah.

    mengumpat dan memuji hendaklah pikir,
    di situlah banyak orang yang tergelincir.

    pekerjaan marah jangan dibela,
    nanti hilang akal di kepala.

    jika sedikitpun berbuat bohong,
    boleh diumpamakan mulutnya itu pekong.

    tanda orang yang amat celaka,
    aib dirinya tiada ia sangka.

    bakhil jangan diberi singgah,
    itupun perampok yang amat gagah.

    barang siapa yang sudah besar,
    janganlah kelakuannya membuat kasar.

    barang siapa perkataan kotor,
    mulutnya itu umpama ketur.

    di mana tahu salah diri,
    jika tidak orang lain yang berperi.



Error
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
Plt Gubri Serahkan Penghargaan Tujuh Siswa Berprestasi PDF Cetak Email
Rabu, 02 Mei 2018 12:44

PEKANBARU,RIAUPLUS.COM- Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, menjadi inspektur upacara peringatan hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Provinsi, Rabu (3/5/2018), di halaman Kantor Gubernur Riau. Plt Gubri juga menyerahkan penghargaan bagi siswa berprestasi.

 

Tema yang diangkat pada peringatan Hardiknas tahun ini yakni "Menguatkan Pendidikan memajukan kebudayaan".Plt Gubernur Riau juga menyampaikan penghormatan dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan di tanah air karena mereka telah mengabdi dan berkorban demi kemajuan pendidikan.

 

Hari Pendidikan tahun 2018 ini dijadikan momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

 

"Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan," kata Plt Gubri membacakan pidato Mendikbud.

 

Ia juga mengatakan, pendidikan harus menyiapkan tenaga technocraft, tenaga terampil dan kreatif, yang memiliki daya adaptasi tinggi terhadap perubahan dunia kerja yang kian cepat dan memiliki kemampuan berpresisi tinggi untuk mengisi teknostruktur sesuai dengan kebutuhan.

 

Usai upacara Hardiknas, Plt Gubri, juga menyerahkan penghargaan kepada 7 siswa yang telah berprestasi, yang telah meraih juara di berbagai perlombaan ditingkat Nasional, baik olahraga maupun pendidikan.

 

Berikut siswa peraih prestasi: Rara Sevani, siswi SDN 153 Pekanbaru, meraih medali emas pada FL2SN 2017 di Surabaya. Gali Permata, siswi SMP Dharmayudha Pekanbaru, meraih medali emas pada O2SN 2017 di Medan. Diva Aprilia, siswi SMPN 6 Pekanbaru, meraih medali emas pada O2SN 2017.

 

Agung Nurmad, siswi SDN 132 Pekanbaru, meraih medali perak pada O2SN 2017 di Medan. Rudi Setianto, siswa SLBN Pembina Pekanbaru, meraih medali Perak pada O2SN 2017. Dinia Andra, siswi SMPN 17 Pekanbaru, meraih medali perunggu pada O2SN 2017.

 

Turut hadir pada upacara Hardiknas, Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli, unsur Forkopimda, Kemenag Riau, Kadisdik Riau, Indra Agus, Asisten I Ahmad Syah Harrofie, asisten II Masperi, seluruh jajaran pejabat tinggi pratama dilingkungan Pemprov Riau, dan guru-guru serta perwakilan sekolah SD, SMP, SMA/SMK.ck/nor

 

 

Galeri Foto

MUNAS APPSI V 2015 di Makassar, Plt Gubri Dukung Tunas Integritas

article thumbnail

Tunjuk Ajar Melayu Tenas Effendy

Supaya iman tidak berkisar
Supaya hidup tidak terlantar
Bila mati tidak tercemar
Masuk ke dalam syurga bersinar