Gurindam 12 Raja Ali Haji

  • Pasal Pertama

    barang siapa tiada memegang agama,
    sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama.

    barang siapa mengenal yang empat,
    maka ia itulah orang ma'rifat barang siapa mengenal allah,
    suruh dan tegahnya tiada ia menyalah.

    barang siapa mengenal diri,
    maka telah mengenal akan tuhan yang bahari.

    barang siapa mengenal dunia,
    tahulah ia barang yang terpedaya.

    barang siapa mengenal akhirat,
    tahulah ia dunia melarat.




Error
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
Puluhan Siswi SMP di Pekanbaru Sayat Tangan Usai Konsumsi Minuman Berenergi PDF Cetak Email
Senin, 01 Oktober 2018 19:14

PEKANBARU,RIAUPLUS.COM- Puluhan siswi SMP negeri di Pekanbaru nekat menyayat tangannya setelah mengkonsumsi minuman berenergi mengandung Zat Benzo

 

 

 

Sebuah fakta mengejutkan diungkapkan Kepala SMPN 18 Pekanbaru, Lily Deswita, Senin (1/10/2018), saat mengkonfirmasi temuan 56 siswa SMP di Pekanbaru sayat tangan."Semuanya perempuan, cuma ada satu laki-laki. Guru mendapati bagian tangan anak-anak itu ada bergaris-garis," kata Lily.


Kepada guru, mereka mengaku hanya hanya ikut challenge (tantangan, Red)."Tapi memang anak-anak bilang cuma mau ikut challenge saja. Mau coba sakit apa nggak, ternyata mereka ngakunya sakit," ungkap Lily.


Lily mengungkapkan, kronologis 55 orang siswanya yang menyayat tangan, sehingga menimbulkan bekas luka seperti goresan. Disebutkan dia, sekitar dua minggu lalu, pihak sekolah menggelar razia rutin."Awalnya sasaran kita handphone," kata Lily.


Jumlah keseluruhan anak yang kedapatan ada luka gores di bagian tangannya yaitu total 55 orang. Atas temuan itu, pihak sekolah pun merasa cemas dan khawatir.


"Langsung saya kontak BNNK Pekanbaru. Karena kita takut ada apa-apa," ungkap Lily.


Saat ditanya, puluhan siswanya itu mengaku cuma ikut-ikutan aja."Ada challenge gitu, lihat di IG (instagram) dan WA (Whatsapp). Kita panggil orangtuanya, mereka pun tak tahu anaknya seperti itu," sebut Lily lagi.


Lanjut Lily, setelah petugas dari BNNK Pekanbaru dan dokter datang, barulah ada disinggung soal salah satu merek minuman berenergi yang diduga mengandung zat benzo.


"Izin BPOM-nya padahal ada (dikemasan), kehalalan dari MUI juga. Cuma memang ada larangan bagi ibu menyusui, ibu hamil dan anak-anak. Ditanya ke anak-anak, memang dari mereka ada yang minum, cuma banyak juga yang nggak minum," ujar Lily.


Lily menyebut hal ini cuma kecemasan kepala sekolah dan guru saja."Kita takut ada apa-apa, kecanduan apa gimana," kata Lily.


Atas kejadian ini, pihak sekolah akan semakin memperketat pengawasan di sekolah.Termasuk salah satunya dengan meningkatkan razia.tpc/nor





 

 

Galeri Foto

MUNAS APPSI V 2015 di Makassar, Plt Gubri Dukung Tunas Integritas

article thumbnail

Tunjuk Ajar Melayu Tenas Effendy

Wahai ananda dengarlah amanat
Pantun memantun sudah teradat
Di dalamnya banyak berisi nasehat
Bila dipakai hidup selamat