Gurindam 12 Raja Ali Haji

  • Pasal Keempat

    hati kerajaan di dalam tubuh,
    jikalau zalim segala anggota pun roboh.

    apabila dengki sudah bertanah,
    datanglah daripadanya beberapa anak panah.

    mengumpat dan memuji hendaklah pikir,
    di situlah banyak orang yang tergelincir.

    pekerjaan marah jangan dibela,
    nanti hilang akal di kepala.

    jika sedikitpun berbuat bohong,
    boleh diumpamakan mulutnya itu pekong.

    tanda orang yang amat celaka,
    aib dirinya tiada ia sangka.

    bakhil jangan diberi singgah,
    itupun perampok yang amat gagah.

    barang siapa yang sudah besar,
    janganlah kelakuannya membuat kasar.

    barang siapa perkataan kotor,
    mulutnya itu umpama ketur.

    di mana tahu salah diri,
    jika tidak orang lain yang berperi.



Error
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
Polisi Buru HA, Pemilik Sawmil Ilegal di Kubang PDF Cetak Email
Senin, 01 November 2010 09:40

KAMPAR, RIAUPLUS.COM- Jajaran Polsek Tambang, Kampar, hingga kini masih terus memburu pemilik sawmil berinisial HA (56), yang diduga kabur ke luar daerah. HA kabur sesaat polisi menggrebeknya di rumah istri mudanya.


Hal ini diungkapkan Kapolsek Tambang, AKP Alwis, kepada riauplus.com, Senin (1/11) saat dikonfirmasi perkembangan penyelidikan kasus sawmil ilegal tersebut."Kita masih mengejar pemilik sawmil itu yakni HA, yang kabur saat mengetahui sawmilnya digrebek. Demikian juga, para pekerja sawmil itu juga kabur,"jelas Alwis.

Awalnya kata Alwis, tim buser yang dipimpinnya sempat menggerebek HA di rumah istri mudanya dinihari itu juga."Namun sayang, di rumah istri mudanya itu juga tidak ada,"ujar Kapolsek.

Sejauh ini sambung Alwis, pihaknya telah membawa sejumlah barang bukti yang ditemukan di TKP ke Mapolsek Tambang. Saat ini sawmil milik HA itu telah diberi garis polisi. Meski tidak ada satu pun pekerja maupun pemilik yang berhasil dibekuk, namun Alwis yakin dalam waktu dekat semuanya akan tertangkap.

Sementara salah seorang warga setempat, Yono (28), menyebutkan, kalau HA merupakan sosok yang disegani di daerah tersebut.

 


Selama ini, HA memang memiliki bisnis sawmil itu. Yono mengetahui adanya penggerebekan sawmil itu, dari para tetangga keesokan harinya.

Menurut Yono, sawmil yang digrebek polisi itu sudah berjalan kurang lebih satu tahun."Dulunya sebelum sawmil yang baru itu, Pak HA memiliki sawmil tidak jauh dari rumahnya dekat Gang Keluarga Jalan Kubang Raya itu. Namun yang itu tutup, baru pindah ke tempat sekarang ini,"papar Yono.

Seperti diwartakan sebelumnya, Jajaran Polres Kampar bersama Polsek Tambang melakukan penggerebekan sebuah sawmil di Jalan Kubang Raya, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Ahad (31/10) sekitar pukul 01.00 Wib dinihari lalu. Saat itu polisi tidak berhasil menemukan pekerja maupun pemilik sawmil, karena kabur ke hutan.

Dari hasil penggerebekan itu, polisi berhasil mengamankan sejumlah kayu olahan berbagai ukuran dan jenis. Bahkan diantaranya sudah ada dimasukkan dalam truk yang siap dibawa.

Barang bukti yang berhasil disita diantaranya, satu unit mesin sawmil lengkap dengan malnya, satu unit truk merk Duetro yang berisikan kayu olahan. Lalu beberapa unit mesin genset, satu unit motor Jupiter dan beberapa kayu olahan. M Nur Zein

 

Galeri Foto

MUNAS APPSI V 2015 di Makassar, Plt Gubri Dukung Tunas Integritas

article thumbnail

Tunjuk Ajar Melayu Tenas Effendy

Wahai ananda cahaya mata
Pantun Melayu jangan dinista
Isinya indah bagai permata
Bila dipakai menjadi mahkota