Gurindam 12 Raja Ali Haji

  • Pasal Keempat

    hati kerajaan di dalam tubuh,
    jikalau zalim segala anggota pun roboh.

    apabila dengki sudah bertanah,
    datanglah daripadanya beberapa anak panah.

    mengumpat dan memuji hendaklah pikir,
    di situlah banyak orang yang tergelincir.

    pekerjaan marah jangan dibela,
    nanti hilang akal di kepala.

    jika sedikitpun berbuat bohong,
    boleh diumpamakan mulutnya itu pekong.

    tanda orang yang amat celaka,
    aib dirinya tiada ia sangka.

    bakhil jangan diberi singgah,
    itupun perampok yang amat gagah.

    barang siapa yang sudah besar,
    janganlah kelakuannya membuat kasar.

    barang siapa perkataan kotor,
    mulutnya itu umpama ketur.

    di mana tahu salah diri,
    jika tidak orang lain yang berperi.



Error
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
Menristek Akui Banyak Riset yang Tumpang-tindih PDF Cetak Email
Jumat, 10 Agustus 2018 11:49

PEKANBARU,RIAUPLUS.COM- Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Mohammad Nasir mengakui masih banyak produk riset dan teknologi yang tumpang-tindih dan kurang berinovasi.

Penegasan itu disampaikannya saat membuka Puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-23, Jumat (10/8/18) di Pekanbaru, Riau. Menurutnya, temuan riset yang ada saat ini masih sifatnya mendasar.

"Belum banyak inovasi-inovasi baru. Produk risetnya masih tumpang-tindih. Produk riset yang dihasilkan sama satu lainnya,"kata Nasir.

Seharusnya kata Nasir, setiap daerah melalui dewan riset daerah (DRD) di perguruan tinggi memiliki produk riset yang berinovasi dan berbeda dengan daerah lainnya."Oleh karena itu, melalui momen Hakteknas kali ini, mari kita tingkatkan inovasi-inovasi baru produk riset dan teknologi,"harapnya.

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan rasa hormat yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Riau yang telah mensukseskan Hakteknas 2018 ini. Dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemprov Riau dan pemerintah kabupaten/kota di Riau.

"Suatu kehormatan bagi saya karena dapat hadir di Provinsi Riau ini, sebagai tuan rumah Hakteknas. Dan terus terang kami memang sengaja menunjuk Riau sebagai tuan rumah,"sebut Menristek.

Sementara itu, Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman juga menyampaikan terima kasih kepada Kemen Ristek yang telah menunjuk daerah ini sebagai tuan rumah Hakteknas."Ini merupakan daerah kedua di luar Pulau Jawa yang ditunjuk sebagai tuan rumah,"bebernya.

Gubri juga menyampaikan, bahwa dampak dari dari inovasi riset dan teknologi ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemprov Riau katanya, telah memulainya dengan inovasi di bidang pangan.

Misalnya kata Gubri, kegiatan inovasi pangan dari sagu yang telah menghasilkan produk hilirisasi seperti beras, mie dan tepung. Bahkan produk ini juga telah dipatenkan.

Hadir juga dalam puncak Peringatan Hakteknas itu, Presiden Ke-3 BJ Habibie, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono, para rektor se-indonesia, petinggi Kemenristek, petinggi BUMN dan lainnya. Usai pembukaan, dilanjutkan peninjauan ke sejumlah stand Ritech di Gedung Daerah Riau.nor

 

Galeri Foto

MUNAS APPSI V 2015 di Makassar, Plt Gubri Dukung Tunas Integritas

article thumbnail

Tunjuk Ajar Melayu Tenas Effendy

Wahai ananda kekasih ibu
Pakai olehmu pantun Melayu
Di dalamnya banyak mengandung ilmu
Manfaatnya besar untuk bekalmu