Gurindam 12 Raja Ali Haji

  • Pasal Kelima

    jika hendak mengenal orang berbangsa,
    lihat kepada budi dan bahasa.

    jika hendak mengenal orang yang berbahagia,
    sangat memeliharakan yang sia-sia.

    jika hendak mengenal orang mulia,
    lihatlah kepada kelakuan dia.

    jika hendak mengenal orang yang berilmu,
    bertanya dan belajar tiadalah jemu.

    jika hendak mengenal orang yang berakal,
    di dalam dunia mengambil bekal.

    jika hendak mengenal orang yang baik perangai,
    lihat pada ketika bercampur dengan orang ramai.



Error
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
  • Unable to load Cache Storage:file
Pemprov Riau: Cadangan Minyak Blok Rokan 2,875 Juta Barel PDF Cetak Email
Selasa, 31 Juli 2018 19:24

PEKANBARU,RIAUPLUS.COM- Meski merupakan ladang tua yang sudah dikeruk sejak puluhan tahun silam ternyata potensi Blok Rokan ternyata masih cukup menggiurkan. Makanya PT Chevron Pasifik Indonesia masih berkeinginan memperpanjang pengelolaan ladang minyak yang berada di empat kabupaten di Riau itu.

 


Blok Rokan mampu menghasilkan produksi minyak sekitar 122 ribu barel per hari (bph) atau menyumbang sekitar 50 persen total produksi Chevron yang saat ini mengelola blok tersebut.


Riau sendiri merupakan daerah penghasil minyak terbesar di Indonesia. Sumber daya alamnya dikelola oleh Chevron, Petroselat, Bumi Siak Pusako, Pertamina, Kondur Petroleum dan Pembangunan Riau. Daerah ini mampu menghasilkan 365.827 barrel per hari dengan rincian minyak mentah sebanyak 359.777 barrel dan kondesat sebesar 6.050 barrel.


Sementara itu, menurut perkiraan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau Blok Rokan masih menyisakan cadangan minyak yang mencapai 2,875.50 juta barel. Oleh sebab itu Pemprov Riau berharap pusat memberi daerah ini kesempatan untuk mengelolanya sendiri.


"Kalau ditanya berapa besar keinginan Riau dilibatkan dalam pengelolaan Blok Rokan tentu besar, dan kita sudah lama mengharapkan agar kita dapat terlibat mengelola Blok Rokan," kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau, Indra Agus Lukman, Selasa (31/7/2018).


Disinggung cadangan minyak di Blok Rokan, Indra menyampaikan diperkirakan mencapai 2,875.50 juta barel. Dimana untuk energi fosil cadangan terbukti tersebut berada di wilayah operasi Chevron.


"Angka 2,875.50 juta ini sangat mungkin kalau Blok Rokan bisa dikelola dalam jangka panjang lagi. Kalau untuk gas bumi kita cadangannya pada angka 1,093 billion cubic feet (bcf)," terangnya.


Menurut data Dinas ESDM Riau terhadap lifting minyak Riau yang dikelola PT Chevron pada lima kabupaten penghasil seperti Bengkalis, Rohil, Rohul, Siak dan Kampar.


Pada 2016 Chevron mengelola 91.596.290 barel dan 2017 sebesar 61.583.658 barel. Angka ini terdiri dari jenis minyak mentah Sumatra Light Crude (SLC) dan Duri Crude.ck/nor

 

Galeri Foto

MUNAS APPSI V 2015 di Makassar, Plt Gubri Dukung Tunas Integritas

article thumbnail

Tunjuk Ajar Melayu Tenas Effendy

Wahai ananda dengarlah pesan
Pantun Melayu jangan tinggalkan
Pakai olehmu untuk pedoman
Di dalamnya banyak tunjuk ajaran